Dakwah Media Indonesia

Friday 18 November 2016

Masyaallah, Inilah Pohon yang Berusia 2000 Tahun! | Dakwah Media Islam

Dakwah media islam  -  Pohon ini memiliki tinggi 40 meter sehingga membuat menara gereja didekatnya menjadi terlihat begitu kerdil.



SEBUAH kekuasaan Allah yang mampu menghidupkan pohon yang ribuan tahun usianya. Padahal, jika kita lihat sangat jarang pohon yang tetap berdiri kokoh dalam jangka waktu yang sangat begitu lama. Mengingat kondisi cuaca yang kadang membuat pohon itu tidak bertahan lama. Tapi, tahukah Anda bahwa ada pohon yang usianya mencapai 2.000 tahun?

Pohon Tule atau dalam bahasa Spanyol disebut dengan El Arbol del Tule merupakan cemara Montezuma perkasa terletak di pusat kota Santa María del Tule di negara bagian Oaxaca, Meksiko. Baik suku Aztec maupun orang-orang Spanyol yang mendirikan kota Oaxaca telah mencatat bahwa pohon ini telah hidup lebih dari 2.000 tahun.

1

Dengan umurnya yang telah mencapai 20 abad ini menjadikannya salah satu pohon tertua di dunia. Bentuk pohonnya telah bertransformasi sedemikian rupa karena umurnya yang panjang sehingga jika dilihat sepintas para pengunjung dapat melihat wajah goblin dan monster di batang pohon Tule ini.



Selain menyandang predikat sebagai pohon tertua, pohon Tule ini juga menjadi pohon terbesar di dunia. Pengukuran lingkar batang yang pernah dilakukan mencatat bahwa pohon ini memiliki lebih dari 60 meter. Batangnya yang begitu besar membutuhkan sekitar 50 orang untuk dapat mengelilingi pohon ini. Ukuran ini bahkan melampaui ukuran pohon paling besar saat ini yaitu Giant Sequoia dengan diameter 29,5 meter.

Pohon ini memiliki tinggi 40 meter sehingga membuat menara gereja didekatnya menjadi terlihat begitu kerdil. Karena ketenarannya yang telah mendunia maka tak heran jika pohon ini banyak didatangi para wisatawan dari seluruh dunia. Hal ini membuat pelaku bisnis berbondong-bondong membangun pusat bisnis mereka di sana, mulai dari pasar kerajinan hingga plaza.




Dahulu daerah itu adalah danau yang dikelilingi oleh rawa-rawa dan banyak tumbuh pohon cemara. Kini, danau telah mengering dan rawa-rawa hilang karena derasnya arus urbanisasi dan irigasi pertanian yang dilakukan penduduk setempat sehingga mengancam kelangsungan hidup pohon Tule ini.[]

Sumber: ajaibdananeh

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Masyaallah, Inilah Pohon yang Berusia 2000 Tahun! | Dakwah Media Islam

0 comments:

Post a Comment